Minggu, 12 Oktober 2014

Akupunktur Penyebab Stroke


STROKE-ZHONG FENG  
BAG-1
By. Hari Nasution
  
Akupunktur Stroke | Titik Akupunktur untuk Stroke | Terapi Akupunktur Stroke | Stroke dan Akupunktur | Jenis Stroke | Pengobatan Stroke | Penyebab Stroke | Stroke TCM | Stroke Holistik | Akupunktur Klasik | Akupunktur Stroke Standar 

Dewasa ini penyakit stroke bukanlah sesuatu yang sulit kita temui dalam realitas kehidupan kita, Tidak di kota ataupun desa, kaya atau miskin, tua ataupun muda, stroke bisa menimpa siapa saja.

Sebagai seorang praktisi pengobatan tradisional, kita bisa mengetahui ternyata stroke itu sangat beragam. Oleh karena itu hendaknya kita bisa mengetahui apa saja jenis stroke yang mungkin terjadi pada pasien atau bahkan orang terdekat kita


Stoke ditandai dengan kelumpuhan unilateral tiba-tiba anggota badan dengan deviasi mata dan mulut. Dalam kasus yang parah, kolaps atau kehilangan kesadaran, koma, gigi terkatup tiba-tiba, tinju, kejang mulut, wajah merah dan telinga, dahak banyak, bernapas kasar, sembelit, dan retensi urin dapat menyertai kondisi tertutup.

Stoke dapat disebabkan oleh terlalu banyak pekerjaan, stres emosional, atau diet yang tidak teratur menyebabkan jantung, hati, dan ginjal Yin dan Yang ketidakseimbangan. Hal ini akan menyebabkan defisiensi Yin hati dan ginjal dengan  Yang hati naik, angin hati berdahak,  api menghalangi meridian, Yang hati  menyebabkan api -panas-  jantung meningkat, atau kekurangan darah dan Qi menyebabkan meridian kosong, yang memungkinkan angin untuk tercipta.

Pengobatan Barat mengacu pada kondisi ini sebagai pecah/rusaknya  pembuluh darah otak seperti pendarahan otak, trombosis serebral, emboli serebral, spasme pembuluh darah serebral, dan perdarahan subarachnoid.

Diagnosis Pengobatan Tradisional Cina
Dua penyebab patologis Stoke:
1. Serangan terhadap meridian dan
2. Serangan pada organ internal.

1. Serangan terhadap Meridian
1.
1. Angin menyerang meridian yang lemah:
Mati rasa pada tungkai, penyimpangan tiba-tiba mata dan mulut, bicara cadel, kelumpuhan unilateral, keengganan untuk dingin, demam, nyeri sendi, kekakuan anggota badan, putih, lapisan lidah tipis, dan mengambang, nadi cepat.

1.2. Hati dan ginjal kekurangan Yin dengan Yang hati meningkat:
Pusing, sakit kepala, tinnitus, insomnia, penyimpangan tiba-tiba mata dan mulut, bicara cadel, kekakuan, berat dari tungkai, hemiplegia, lidah merah dengan lapisan kuning lengket, dan kurus, pulsa licin.

2. Serangan terhadap Organ internal
2.1
. Jenis Tegang:
ini memiliki dua subtipe,
2.1.1. subtipe Yang, Yang Ekses, kelebihan Yang di alam, dan
2.1.2. subtipe Yin, kelebihan Yin di alam.

2.1.1. Yang subtipe:
Mendadak pitam, kehilangan kesadaran, mungkin koma, aphasia, kelumpuhan, gigi terkatup, tinju tertutup, rahang terkunci, dahak yang banyak, kulit merah, napas berat, halitosis, lapisan lidah kuning, dan cepat, pulsa licin.

2.1.2. Subtipe Yin:
Mendadak pitam, kehilangan kesadaran, mungkin koma, aphasia, kelumpuhan, gigi terkatup, tertutup tinju, terkunci rahang, sputum banyak, kulit pucat, anggota badan dingin, lidah ungu dengan lengket, lapisan putih, dan mendalam, pulsa licin .

2.2. Jenis Flaccid: kolaps mendadak, kehilangan kesadaran, koma, mulut terbuka, tangan santai, menutup mata, wajah pucat, tidak berbau keringat manik-manik di dahi, inkontinensia urin dan tinja, anggota badan dingin, pucat, bengkak lidah, dan tersembunyi, menit, tersebar pulsa.

 3. Gejala sisa serangan pada organ internal:
ini memiliki tiga sub-tipe berikut:

3.A. Hemiplegia: ini memiliki tiga sub-tipe berikut:

3.A.i. Defisiensi Qi dengan darah stasis menghalangi meridian:

Hemiplegia, kelumpuhan, atrofi tungkai bawah, kelumpuhan wajah, bicara cadel, kulit pucat, lidah ungu dengan lapisan putih, dan pulsa moderat.
3.A.ii. Yang Hati naik dengan obstruksi meridian:
Hemiplegia, kelumpuhan, sakit kepala, pusing, tinnitus, wajah merah, lidah merah dengan lapisan kuning tipis, dan perusahaan, pulsa kurus.


3.A.iii. Hati dan ginjal kekurangan Yin:
Hemiplegia, kelumpuhan, atrofi tungkai, kekakuan lidah dengan ketidakmampuan untuk berbicara, mulut kering, lidah merah, dan pulsa terendam.

3.B. Bicara cadel: ini memiliki tiga sub-tipe berikut:


3.B.i. Dahak Angin menghalangi meridian:
Perasaan berat tubuh, penindasan dada, pusing, sputum banyak, bicara cadel, mati rasa anggota badan, lapisan lidah putih, dan kurus, pulsa licin.

3.B. ii. Ginjal Jing defisiensi:
Hemiplegia, bicara cadel, jantung berdebar, sesak napas, nyeri punggung bawah, lidah pucat dengan lapisan putih, dan tipis, lemah pulsa. 


3.B.iii. Yang  Hati naik angin beserta dahak menghalangi meridian:

Hemiplegia, bicara cadel, kekakuan lidah, wajah merah dan telinga, lidah merah dengan lapisan kuning tipis, dan pulsa kurus.

3.C. Deviasi mata dan mulut:
Deviasi mata dan mulut, ketidakmampuan untuk sepenuhnya menutup mata pada sisi yang lumpuh, tidak bisa tonjolan pipi atau peluit.

bersambung......



Keyword Source :
Akupunktur stroke, Akupunktur Pasca Stroke, Jenis Stroke, Penyembuhan Stroke, TCM Stroke, Pengobatan holistic Stroke, Jenis Stroke, Stroke san akupunktur, Titik akupunktur Stroke, Penanganan akupunktur Stroke, Akupunktur klasik, Akupunktur standar untuk stroke



Tidak ada komentar: