Selasa, 14 April 2015

DASAR MR. TUNG ACUPUNCTURE SYLE

Part. 3 
 
Sistem Saluran Lima Zhang  dan Aplikasi Klinis

Oleh Chuan-Min Wang, DC, Lac dan Steven Vasilakis, Lac

Akupunktur Tung awalnya adalah tradisi lisan yang dijaga ketat secara eksklusif diturunkan pada keluarga Tung.  Guru Tung Ching-Chang melabrak tradisi ini dan menerima murid pertamanya di luar keluarga pada tahun 1962 di Taipei, Taiwan, lebih dari 48 tahun yang lalu.
Sejak itu, sistem Guru Tung telah memperoleh sejumlah ketenaran dan popularitas. Tehnik ini adalah i salah satu yang paling dicari pada sekolah-sekolah akupunktur, ditandai dengan kesederhanaan, kemudahan penggunaan, dan kemanjuran klinis yang besar.

Akupunktur Tung terkenal  unik pada  titik- titiknya yang merupakan bagian dari gambaran yang lebih besar. Akupunktur Tung adalah sistem lengkap yang mencakup saluran sendiri, poin yang unik, metode diagnostik dan teknik tusuk jarum. Selain itu, akupunktur Tung didasarkan pada sistem saluran lima zhang (enam fu) dan berbeda dari tradisional 14 saluran meridian akupunktur.
Kelima sistem saluran zang tidaklah banyak diketahui,  seperti yang telah dikaburkan dalam sebagian besar literatur tentang akupunktur Tung. Untungnya, dua dokumen yang sebelumnya belum pernah dirilis secara jelas menunjukkan bagaimana Guru Tung memanfaatkan sistem saluran ini dalam diagnosis dan pengobatan penyakit.

Mengenai tulisan-tulisan kuno nenek moyangnya, Guru Tung menjelaskan, "Hal ini sangat menyedihkan bahwa Akupunktur buku Tung asli hancur dalam perang di era nenek moyang saya. Untungnya, saya telah hafal kunci rahasia sistem ini, yang diturunkan oleh tradisi lisan keluarga. Setelah lebih dari 300.000 kasus klinis, efektivitas Akupunktur Tung dikonfirmasi sepenuhnya. "

Sampai saat ini, karya-karya teritulis oleh Guru Tung pada tahun  1973 dipublikasikan berjudul  "Tung's Acupuncture, Its Regular Channels & Unique Points" dan dua makalah berjudul, "Treatment Record of Stroke of President  Lon Nol of Republic Khmere," were released by Master Tung's disciple, Mr. Yuan, Kou-Ben in 2008.," yang diterbitkan oleh Guru Tung pada tahun 1971 dan 1972. Untungnya, dua karya lainnya berjudul  "Tung's Acupuncture, Its Regular Channels & Unique Points" and "Ching-Chang's Points & Clinical Cases,"  yang dirilis oleh murid  Mr.  Tung, Yuan, Kou   Ben pada tahun 2008.
Naskah sebelumnya diedit  dan dikomentari oleh Guru Tung, dan termasuk komentar dan pengalaman belajar Mr Yuan. Yang terakhir direkam oleh Dr. Chen, Du-Ren;  yang merupakan seorang dokter TCM terkenal sebelum menjadi murid langsung Guru Tung pada tahun 1964.


Ketika mengajar sistemnya, Guru Tung memutuskan untuk menggunakan istilah medis Barat modern daripada konsep tradisional Cina, karena pengobatan Barat lebih diterima saat itu. Dalam kata pengantarnya Mr. Tung menyatakan, "Saya membuat penggunaan bahasa modern untuk menulis buku ini untuk mendukung intisari dari budaya Cina dan mengobati penyakit yang lebih parah dan berkepanjangan."

Inilah sebabnya mengapa ada bagian anatomi dalam buku Guru Tung yang berisi daftar berbagai saraf dalam deskripsi  titik. Guru Tung menggunakan istilah "saraf" untuk menghubungkan informasi mengenai lima sistem saluran zang.
Menariknya, istilah "saraf" tidak muncul sama sekali di naskah pada tahun  1964, hanya istilah "saluran."   Misalnya, MrTung mengatakan, "Semua penyakit saluran jantung, secara efektif diobati dengan Shoulder Center dan Heaven Pathway."
Dr. Chen 1964 mencatat,  Shoulder Center dan Heaven Pathway terdaftar sebagai titik saluran jantung, tetapi dalam catatb Mr. Tung 1973 buku di bagian anatomi, Shoulder Center diklasifikasikan sebagai bagian dari ""heart branched nerve " dan Heaven Pathway sebagai bagian dari " heart common nerve."

Bersambung....
Lima Zang Saluran Sistem dan Palmar Diagnosis




Ah2N 10042015

Tidak ada komentar: