Selasa, 14 April 2015

Master Tung’s Advanced Points



Dr Wei-Chieh Young,
author of Lectures on Tung’s Acupuncture: Points Study and Lectures on Tung’s Acupuncture: Therapeutics

27 Februari 2010

1.       Titik Jing juga digunakan untuk membuka lubang.  
Hati dan Limpa 1 misalnya menghentikan pendarahan karena Hati  1 adalah saluran dan penyimpanan darah.
Limpa 1 pengontrol  darah.
UB 67 digunakan untuk membuka lubang dan menginduksi persalinan.
Pada buku  Shang Han Lun UB adalah terk
Titik 11.17, Kayu Anger, berada di atas titik ying musim semi, sehingga dianggap terkait dengan jing baik pada saluran LI. LI channel berakhir pada LI 20, hidung eksternal.

ait dengan rahim.
Ada hubungan  logam lima elemen kayu antara LI / logam dan LV / kayu, juga.
Saluran Liver / kayu pergi ke hidung internal, sehingga Kayu Ekses akan mempengaruhi kedua hidung internal dan eksternal.  Titik yang baik untuk membuka rongga hidung. Bekerja mirip dengan Four Gates.

2.       Titik He (lautan)  mengobati internal organ. Ini adalah bumi dan air titik pada grafik lima
elemen.  Juga mengobati jaringan otot yang mendalam. Titik-titik ini terletak di otot tebal, yang memiliki korespondensi otot.  Perawatan jaringan otot juga membangun Qi.
Pada Jari kaki dan jari tangan  ototnya lebih sedikit, dan lebih dominan dipengaruhi oleh Tendon

The 11,10 point, Mu Huo, disebut  "antara kayu dan api."
Ini juga berhubungan dengan fungsi  ini. Titik ini digunkan untuk “sequela of stroke”.
 Stroke disebabkan oleh Ekses Yang Hati, hipertensi, atau trombosis. Semua alasan ini terkait dengan kayu (Hati menyebabkan  Yang naik dan hipertensi) dan api (Hati / trombosis).
Saluran Jantung dan hati mengalir ke kepala menyebabkan stroke.
11.10 terletak pada aspek dorsal jari tengah di pusat interphalangeal  lipatan yang paling distal.


3.       Titik Ying (Spring Point ) sering digunakan untuk mengobati flu biasa karena bisa membuang api/panas kuat.  Sanchasan adalah titik bagus untuk dingin dan terletak di Titik Ying antara Ruas  jari dan sendi MCP.



4.       Jing (River ) dan He  (sea) Point mengobati penyakit kronis sesuai dengan deskripsi untuk kategori ini. Penggunaan titik Jing akan semakin mendesak penyakit untuk keluar. Anda tidak menusuknya dalam waktu lama, tetapi justru mengeluarkan darahnya.
Atau sebaliknya Ketika memperlakukan penyakit yang lebih kronis maka  jarum  ditinggal 5 - 10 menit..


5.       Selanjutnya hubungan lima elemen.
Tushui, 22,11, adalah titik yang terkait dengan air dan memiliki asosiasi dengan bumi dan logam juga.Terletak di LU 10 dan ini sangat baik untuk asma, nyeri punggung atas, diare (Anda akan melihat vena ungu kebiruan di sini jika pt memiliki masalah diare).
Menangani asma karena qi berhubungan dengan paru-paru (logam), Limpa (bumi) dan ginjal (air).
Titik Shuijin di dagu (1010,20) titik bumi, air dan logam yang terkait dan menangani asma dan batuk juga.


Darah terkait dengan jantung (api), Hati (kayu) dan ginjal (air).


Poin juga memiliki asosiasi Zang


1.       PC 6 misalnya sering digunakan untuk mengobati masalah lutut sendi. Lutut berhubungan dengan jantung.  Ada banyak pembuluh  di PC 6 dan lutut, yang menghubungkannya dengan hati.  Lutut juga dilalui meridian ST. PC berkomunikasi ke ST dan saluran ST berhubungan dengan lutut.  
Ada juga hubungan meridian jueyin  tangan dan kaki di sini. Akhirnya, karena PC 6 terletak tendon dan sebagian besar masalah lutut adalah tendon / ligamen maka terkait hal ini PC 6 mengobati aplikasi kelainan/keluhan tendon.

2.       Fuke 11.24 adalah antara MCP 1 dan setinggi  di 1/3 sendi  1  interphalangeal. Ini adalah titik utama untuk mengobati infertilitas.
Hal ini sering dikombinasikan dengan 11,06  sepanjang saluran SJ.
KI berkomunikasi dengan saluran SJ. Hal ini dikarenakan KI dapat mengatur  fungsi endokrin, mengobati rahim dan masalah ginekologi.
Tusuk Fuke  kiri dan Huanchao kanan  disatu waktu dan sebaliknya di sesi selanjutnya

3.       Zhiwu 11.26 berarti "mengendalikan kekeruhan."  Pada luka kronis,  mengalir yang tidak tertutup (seperti setelah operasi misalnya) ditusuk dengan titik ini.
Lokasi pada saluran paru-paru yang mengatur kulit. Gunakan lancet  dan keluarkan darah di vena yang berwarna  biru / ungu yang anda temukan di daerah ini. Remas daerah untuk membangun kemacetan darah di daerah tersebut, kemudian torek/tusuklah.  Biarkan berhenti  dengan sendirinya.

4.       Ganmen 33,11 berarti “gerbang hati”.  fungsi utamanya  adalah untuk disfungsi hati seperti hepatitis (akut atau kronis) dan dinamakan karena indikasi tersebut.
Berada  pada saluran SI yang berhubungan dengan saluran limpa. Meridian SI  dan organ Si memisahkan Jin dan Ye.  Hal ini baik untuk mengobati kelembaban yang berhubungan dengan hati dan penyakit kuning. Anda juga dapat menggunakan SI 4 sebagai pengobatan TCM karena SI 4 adalah titik sumber yuan pada saluran SI.

AH2n 12042015

Tidak ada komentar: