Selasa, 14 April 2015

Penjelasan Aplikasi Klinis Mr Tung Acupuncture Style


Oleh Chuan-Min Wang, DC, Lac dan Steven Vasilakis, Lac

Mr. Tung pernah diperlakukan kasus polio menggunakan hal-hal berikut:


Bahu Pusat (Jian Zhong 44,06), White Cloud (Yun Bai 44.11) dan Hilir Curve (Xia Qu, 44,15). Pasien menderita polio selama empat tahun dan secara ajaib bisa berjalan setelah 30 kali perawatan.
Fan  Zhong, salah satu murid Guru Tung, menjelaskan, "Bahu Pusat milik saluran jantung, sisi radial yang lebih rendah, White Cloud milik saluran paru-paru, dan sisi ulnar rendah,  rendah Curve milik saluran hati"
Menurut Akupunktur  tradisional 14 meridian,  Shoulder Center terletak pada saluran jiao san,
White Cloud pada saluran paru-paru, dan Hilir Curve adalah pada saluran usus kecil.
Tapi, menurut sistem saluran Tung,  Shoulder Center  milik saluran jantung, yang berarti qi jantung terhubung ke kementerian qi  api san jiao.
White Cloud milik saluran paru-paru Tung, yang berarti qi paru menghubungkan ke usus qi besar.
Hilir Curve milik saluran hati Tung,  yang berarti qi hati terhubung ke qi usus kecil.
Dalam sebuah studi kasus tentang penyakit saraf otak, Mr. Tung mengatakan,
"Seorang pasien tidak mampu untuk mempertahankan objek karena tangan gemetar.
Diagnosis dokternya adalah penyakit saraf otak, dan ia menyarankan bahwa ia menjalani operasi. Sebaliknya, pasien mengundang saya untuk mengobati kondisinya. diagnosis saya adalah penyakit saluran jantung, dan pengobatan difokuskan pada saluran jantung.
Saya menerapkan jarum ke  Central Rapat (Zhen Hui 1.010,01) & Pikiran Tenang (Zhen Jing 1.010,08) dua kali, dan gemetar Kondisi mereda. "

Pertemuan Central (Zhen Hui 1.010,01) adalah Bai Hui (Du20) sistem 14 saluran, dan Pikiran Tenang (Zhenjing 1.010,08) adalah 0,3 cun di atas Tang Yin. Di bawah bagian anatomi buku kedua titik tersebut Guru Tung dikategorikan sebagai terkait dengan "saraf otak." Dalam TCM, otak (otak) adalah rumah roh dan hati adalah ruang roh.
Sejak Mr. Tung mendiagnosa "penyakit otak" sebagai "penyakit saluran jantung," kita dapat menyimpulkan bahwa "saraf otak" juga milik saluran jantung dalam sistem Tung.

Kesimpulan
Berbekal kebijaksanaan diwarisi dari nenek moyangnya, Mr Tung membangun kembali seni keluarganya dan memperluas serta memperdalam gaya ini.  Akupunktur Tung bukan hanya koleksi poin pengalaman; akan tetapi adalah tradisi akupunktur lengkap yang mendahului sistem 14 saluran tradisional. Asal dan prinsip masing-masing poin Mr. Tung mengikuti hukum dari lima elemen (wu xing) dan lima zang (wu Zang) saluran. Setiap titik memiliki jalur sendiri yang langsung terhubung ke lima zang (dan enam fu).
Misalnya :
Gerbang Pathway (88,01, Tong Guan) langsung menghubungkan ke jantung;
Empat Kuda Pusat (88,17, Si Ma Zhong) langsung terhubung ke paru-paru;
Ginjal Pathway (88,09, Tong Shen) langsung terhubung ke ginjal;
Kuning Terang (88,12, Ming Huang) langsung terhubung ke hati.

Terjemahan bahasa Inggris dari teks Guru Tung umumnya menggunakan istilah "daerah reaksi" untuk menghubungkan informasi mengenai lima saluran zang. Pada kenyataannya, istilah ini tidak akurat dan terpilih karena tidak ada setara Barat untuk apa yang disebut "saraf" yang tercantum dalam anatomi Guru Tung.
Selanjutnya, di sebagian besar akupunktur teks Tung tersedia dalam bahasa Inggris, penulis telah menambahkan sebutan anatomi tambahan Barat, tidak ada dalam karya-karya asli Guru Tung. Meskipun menarik dari perspektif medis Barat, arah ini studi lebih lanjut mengaburkan inner sistem keluarga Tung.

Kami berutang besar dan bersyukur kepada Mr Tung atas sejumlah  komitmen hidupnya yang panjang, dedikasi, dan kemauan untuk mengajar. Tanpa dia,  seni akupunktur yang mendalam akan menjadi harta yang hilang dari pengobatan Cina  untuk generasi mendatang.

Referensi
Kou Ben Yuen. Tung's Acupuncture Institute Album. Taipei: Self Published; 1976.
Ching-Chang Tung. Tung's Acupuncture, Its Regular Channels & Unique Points (Note). Taipei: Self Published; 1968.
Du-Ren Chen. Chin-Chang Points & Clinical Cases (Note). Taipei: Self Published; 1964.
Ching-Chang Tung.Tung's Acupuncture, Its Regular Channels & Unique Points (Textbook). Taipei: Shin Ya Press; 1973.
Zhaoguo Li & Xiru Liu trans. & edited. Yellow Emperor's Canon of Medicine Plain Conversation III.(Chinese-English). Xi'an: World Publishing Co.; 2005. p.1216-1219
________________________________________
Dr. Chuan-Min Wang adalah dokter klinis Acu-Chiropractic Clinic Wang di Lombard, Illinois. Dia adalah salah satu murid langsung Guru Tung.  Dia lulus dari Universitas Nasional Ilmu Kesehatan Dokter program Chiropractic. chuanminwang@yahoo.com www.acup-chiro.com.

Steven Vasilakis lac. adalah lulusan dari Midwest College of Oriental obat dan praktik akupunktur dan obat tradisional Cina di Plainfield, IL. Dia magang di klinik penelitian Dr. Fuda di Madou, Taiwan dan telah disertifikasi oleh Dr. Fuda tahun 2008. Steven juga mempelajari  Mr. Tung akupunktur dengan Dr. Wang, Chuan-Min, seorang murid langsung dari Guru Tung.

Tidak ada komentar: