Minggu, 05 April 2015

Diagnosa Lidah 5


Resume seminar diagnosa lidah
Smkn 57 jkt 150315
Part 5/10

 1.2. BENTUK LIDAH

Bentuk lidah menunjukan keadaan darah dan Ying Qi serta menggambarkan sifat She atau Xi suatu kelainan yang diderita pasien. Kondisi kelainan bentuk dan pergerakan lidah :

1.2.1. Lidah kurus tipis menandakan kondisi kelainan telah menahun Merupakan tanda lidah kekurangan pasokan Qi, Xie-Darah dan Jin Ye

• Jika berwarna pucat menandakan terjadinya defisiensi Qi dan darah.
• Jika berwarna merah tanpa selaput menandakan terjadinya defisiensi Yin atau Api membara.

1.2.2. Lidah gemuk, tebal atau bengkak
• Jika berwarna putih pucat dan gemuk menunjukan penimbunan air atau lembab karena kekurangan Yang pada Pi-Limpa dan Shen-Ginjal, sehingga Jin Ye tak dapat disalurkan dan terakumulasi menjadi patogen cairan.

• Jika berwarna merah atau normal dengan selaput lidah kuning mengkilap menunjukan terjadinnya penimbunan lembab panas dalam Pi-Limpa dan Wei-Lambung, tapi juga dikarenakan adanya patogen Than-dahak yang kemudian menimbulkan lembab panas.
Namun jika tampak lidah gemuk bengkak dan berwarna merah, maka perlu dicurigai adanya keracunan.

• Pinggir lidah tampak lekukan bagai bekas gigitan biasanya disebabkan lidah gemuk tertekan gigi, umumnya merupakan tanda Pi-Limpa lemah dan terdapat patogen lembab dalam tubuh.
• Jika lidah berwarna putih pucat dan basah bertanda patogen lembab bersifat dingin, jika berwarna merah muda merupakan tanda Pi-Limpa dan Qi lemah.

1.2.3. Lidah lunak (flacid) menunjukan defisiensi cairan tubuh

1.2.4. Lidah panjang Menunjukan adanya kecenderungan terjadinya panas, terutama panas jantung.

1.2.5. Lidah retak Umumnya menunjukan panas She atau defisiensi Yin. Apabila penyakit disebabkan karena patogen luar, hal tersebut merupakan pertanda patogen panas telah menghabiskan Jin Ye.

Namun jika penyebabnya dari dalam merupakan tanda defisiensi Yin dan Api membara.
1. Retak-retak pendek dan horisontal atau retak pendek dan lebar yang tidak mencapai ujung lidah menunjukan defisiensi Yin Lambung.
2. Retak panjang pada garis tengah yang mencapai ujung lidah menunjukan kelainan Jantung.
3. Retak-retak tranvesal pendek di daerah medial sisi lidah menunjukan defisiensi Qi Limpa yang sudah menahun.
4. Lidah belah berwarna putih pucat merupakan tanda Qi dan Xie-Darah tidak cukup. Namun perlu diperhatikan pada orang sehat kadang-kadang dapat menunjukan lidah berbelah-belah.

1.2.6. Lidah kasar apapun warnanya, Umumnya menandakan sindrom She sedangkan lidah Licin menandakan sindrom Xi.

1.2.7. Lidah licin bagaikan cermin

 Merupakan tanda Yin dari Wei-Lambung sudah kering, didalam Wei-Lambung kehabisan Qi sehingga tidak mempunyai kekuatan untuk membentuk selaput lidah.

Licin bagaikan cermin menandakan penyakit sudah parah sekali.

Lidah licin pucat merupakan pertanda dari Pi-Limpa dan Wei-Lambung sudah lemah sekali, dengan komplikasi Qi Xie-Darah sudah kurang sekali.

Lidah licin dengan warna merah kehitaman merupakan tanda cairan sudah kering.

1.2.8. Permukaan lidah timbul bintik-bintik papillae

Bintik yang menonjol sekali dan mengeras disebut “ duri “, baik berwarna merah, putih maupun hitam merupakan bertanda dari serangan patogen panas yang berat sekali. Biasanya menandakan patogen panas sudah sampai pada stadium Xie-Darah (stadium IV sindrom panas).

Apabila terdapat papillae bagai duri merupakan pertanda panas sedang merajalela dalam tubuh, semakin banyak duri yang tampak maka panasnya semakin berat.

1. Jika duri tampak pada ujung lidah pertanda Api Jantung sedang membara.
2. Jika duri berada di pinggir lidah merupakan tanda Kan-Hati serta Tan-Empedu sedang membara.
3. Jika duri ada pada tengah lidah merupakan tanda patogen panas ada pada lambung dan usus.

1.2.9. Sariawan lidah Biasanya disebabkan terdapatnya patogen Api pada meridian Sin-Jantung, jika sering kambuh biasanya disebabkan Yin Shen-Ginjal tidak cukup sehingga Api bersifat Xi membara ke atas.

Ah2n 200315
@thebustobandung

Tidak ada komentar: