Minggu, 05 April 2015

Diagnosis Lidah 3

Resume seminar lidah dan nadi
SMKN 57 jkt 150315
Part 3/10
B. Patologis (akan dijelaskan berikutnya)

PEMERIKSAAN LIDAH MELIPUTI :
a. Otot Lidah
    1. Warna Lidah
    2. Bentuk
    3. Gerakan

b. Selaput lidah
    1. Sifat  Ketebalan
    2.Kelembapan
    3.Warna
    4.Akar Selaput


c. Pembuluh Vena dibawah lidah

Penjelasan dan rincian

1.OTOT LIDAH

1.1. WARNA OTOT LIDAH
1.1.1. Merah Terang Jika disertai basah dan kilaian menunjukkan bahwa darah dan Qi dalam keadaan yang melimpah Ditemui juga pada pasien dengan :
    - Penyakit ringan
    - Stadium Awal PPL
    - Stadium Awal PPD Menunjukkan bahwa Qi, Darah, Yin, Yang organ belum terlibat

1.1.2. Putih Pudar Bila Yang Qi tidak cukup maka fungsi produksi Yin dan Xie-Darah menurun.
Demikian juga tenaga pendorong peredaran darah menjadi kurang sehingga darah yang dipasok ke lidah juga kurang. Warna tubuh lidah putih pucat merupakan pertanda sindrom Dingin atau Xi.

• Pada stadium I, karena Qi Xie tidak cukup dan Yang Qi dalam keadaan lemah maka lidah berwarna putih pucat tetapi tubuh lidah tidak membesar atau menjadi gemuk.

• Pada stadium II, Yang Qi bertambah lemah, selain lidah bertambah pucat maka tubuh lidah tambah gemuk dan licin dan penuh dibasahi Jin Ye serta terdapat bekas cetakan gigi.
Ada 2 hal penyebab warna lidah pucat, yaitu :

a. defisiensi Yang tandanya selain pucat juga lebih basah dan agak bengkak sehingga terlihat bekas cetakan gigi pada sisi lidah, ini disebabkan transformasi dan transportasi terganggu karena defisiensi Yang Qi.
b. defisiensi Darah selain pucat kondisi lidah lebih kering. Lidah pucat terutama pada kedua sisinya merupakan tanda terjadinya defisiensi darah Kan-Hati, pada kejadian yang lebih parah warnanya berubah menjadi agak jingga (orange).

Bila Yangqi (Qi yang bersifat Yang) tidak cukup maka fungsi produksi yin dan xue akan menurun demikian juga tenaga pendorong darah menjadi kurang sehingga darah yang dipasok menjadi berkurang maka menyebabkan lidah menjadi pucat.

c.Defisien Qi
 Pada kedua keadaan diatas otot berwarna putih tetapi tidak disertai pembesaran otot lidah atau menjadi gemuk. - Defisien Yang Ketika Yangqi tubuh semakin melemah maka otot lidah akan menjadi lebih pucat dan menjadi gemuk dan licin yang dipenuhi oleh Jinye dan ada cetakan gigi

Materi seinar dengan sedikit tambahan

Ah2n
@thebustopurwakarta
Rabu 180315 with the rain

Tidak ada komentar: