Rabu, 07 Mei 2014

Pengamatan Bentuk Tangan



Ada 4 jenis tangan murni, yang terbagi menjadi Tangan Elemen Bumi, Elemen Udara, Elemen Api dan Elemen Air. Perlu diketahui bahawa ini merupakan patokan dasar karena tidak ada satupun tangan yang sama, bahkan pada tangan dan kiri seseorang. Ini dibuat sebagai peta kemungkinan kesehatan seseorang dan inipun masih membutuhkan hasil analisa-analisa lainnya yang membentuk kumpulan data untuk dapat tersimpulkan hasilnya dengan lebih akurat.

Tangan Elemen Bumi
Bentuk : telapak persegi dengan jari-jari yang pendek dan berujung tumpul, kecenderungan hanya ada sedikit garis ditelapak tangan (kadang 3-4 garis saja) tapi garis tersebut kuat hingga terkesan tidak rumit dan terdapat kesan kekuatan positif, golongan jenis ini biasanya punya sidik jari yang melengkung atau seperti bulatan sebuah simpul.

Sifat dan karakter : stabil, kokoh dan realistis, praktis, pekerja keras dan berkepala dingin. Mereka menyukai hidup yang rutin dan teratur, sangat menyukai udara terbuka dan akan merasa tertekan pada ruangan yang tertutup dalam waktu lama, lebih suka hidup didesa daripada di kota karena dekat dengan tanah dan alam juga mencintai tanaman serta hewan. Ringkasnya mereka berakal sehat, praktis dan menganggap hidup adalah eksperimen. Karena mempunyai ketekunan dan ketabahan yang kuat, mereka tidak suka dengan teori yang muluk-muluk atau hal-hal yang tidak realistis, kegiatan fisik merupakan cirri khas orang-orang jenis ini.
Kecenderungan masalah : kecemasan, masalah pencernaan dan usus, penyakit kulit, gangguan pada sendi dan kelemahan fisik.
Hal-hal yang perlu dihindari : stress akibat rutinitas yang berlebihan, ketegangan, berat badan yang berlebih, kurang gerak dan kemalasan, perasaan dan sikap yang negative.
Hal-hal yang dianjurkan : olah raga pada udara segar, keteraturan, pola tidur yang baik dan cukup, sikap positif, pola makan yang sehat.
Zat gizi : Kalsium (Ca) sangat cocok untuk tipe tangan ini sebab gangguan keseimbangan dapat menyebabkan depresi, mudah tersinggung, dan sulit tidur. Aktifitas fisiknya membutuhkan kalsium agar tulangnya kuat, membantu menggumpalkan darah, aktifitas gerak jantung dan mempertahankan kebugaran otot-otot. Tapi jika berlebihan akan menyebabkan kekakuan sendi, batu ginjal dan pada kondisi yang parah dapat menyebabkan gangguan peredaran darah berupa arteriosclerosis. Garam jaringan yang dibutuhkan adalah garam-garam kalsium termasuk kalsium fluoride, kalsium fosfat dan kalsium sulfat, tambahan mineral lain termasuk kalsium askorbat yang dikombinasi dengan vit C agar mudah diserap oleh system tubuh, juga kalsium aspartat dan kalsium glukonat. Magnesium dan vit D dibutuhkan untuk membantu penyerapan kalsium di dalam tubuh.
Sumber gizi : Klep atau lumut laut adalah sumber kalsium yang kaya, keju dan berbagai produk susu, almond, ikan sarden atau ikan putih lainnya, tumbuhan violet, anggur, willow dan komfrei semua berhubungan dengan kelompok tangan bumi.

Tangan Elemen Udara
Bentuk : telapak persegi dengan jari-jari panjang, biasanya disampaing garis-garis utama ada beberapa tambahan garis dengan guratan garis yang tegas dan baik, umumnya sisik jarinya berbentuk membulat. Garis-garis yang bentuknya baik dan jelas namun tidak berat ini membuat telapak tangan udara mempunyai kesan aneh.
Sifat dan karakter : orang jenis ini mempunyai pikiran yang sangat hidup dan selalu ingin tahu segala sesuatu, mereka selalu membolak-balik sesuatu untuk mengetahui bagaimana cara kerjanya atau hal tersebut bisa terjadi. Mereka adalah “Pelajar Abadi” selalu ingin tahu, menyelelidiki, mempelajari dan menemukan. Mentalitas yang ikan mereka senang berkomunikasi dan didalam hidupnya maupun pekerjaanya, mereka membutuhkan variasi dan lebih penting lagi mereka perlu selalu sibuk. Mereka ramah dan senang berbicara, pikiran mera selalu bekerja dan karenanya mereka cepat mengerti, perhatian mereka tidak tahan lama dan menjadi cepat bosan. Akibatnya, orang-orang jenis ini mempunyai banyak minat agar pikiranya tetap hidup dan aktif di sepanjang hidupnya, aktivitas mental adalah kata kunci dari kelompok ini.
Kecenderungan masalah : sakit kepala, system syaraf yang sangat peka, gangguan pernafasan, keluhan THT, pilek dan demam, kelelahan mental.
Hal-hal yang perlu dihindari : berhenti berfikir, ketegangan dan kelelahan mental.
Hal-hal yang dianjurkan : berdiskusi atau pertukaran cara pandang dengan orang lain, rutinitas yang lentur dirumah maupun di tempat bekerja, kegiatan intelektual seprti membaca, analisa dan menulis, latihan fisik yang teratur yang menggugah tantangan dalam bentuk permainan.
Zat gizi : Magnesium sangat diperlukan karena tuntutan mental dan system syaraf agar tidak kelelahan. Mineral ini membantu kelancaran fungsi sel-sel syaraf hingga syaraf bisa lebih tenang dan melenturkan otot-otot. Kebutuhan energi untuk syaraf dan pikiran yang bekerja sangat banyak akan menghabiskan cadangan Magnesium hingga menimbulkan lingkaran setan. Aktifitas syaraf—berkurangnya magnesium---syaraf menjadi lemah---aktifitas syaraf, kekurangan magnesium menyebabkan perasaan gembira yang berlebihan, ketegangan syaraf, nyeri syaraf yang menusuk, sakit kepala, sentakan-sentakan pada otot karena kekejangan-kekjangan yang sebentar-sebentar, kejang otot dan segala gangguan dan ketidakseimbangan syaraf.  Magnesium fosfat adalah garam jaringan yang menyembuhkan syaraf, magnesium askorbat yang dikombinasi vit C untuk memudahkan penyerapan, magnesium aspartat dan magnesium glukonat.
Sumber gizi : klep atau lumut laut mengandung banyak magnesium, juga makanan lain yang kaya akan mineral seperti kacang-kacangan dan biji-bijian kususnya almond, kacang tanah, kacang brasil, biji gandum dan beras merah, tumbuhan dalam kelompok ini adalah lavender, majoram, mint atau kemangi.

Tangan Elemen Api
Bentuk : Tapaknya lebar dengan jari-jari pendek seperti tangan Bumi, tangan ini mempunyai garis-garis yang kuat dengan jumlah banyak dengan sidik jari yang umumnya beralur-alur melingkar.
Sifat dan karakter : orang-orang jenis ini aktif dan dinamis sehingga tidak pernah diam, mereka membutuhkan petualangan dan kegembiraan dalam hidupnya sebagai bahan baker untuk energi dan gairah mereka yang melimpah-limpah yang sering kali disalurkan melalui olah raga. Mereka suka pesta dan menjadi pusat perhatian, mudah bergaul, menyebarkan antusiasme dan inspirasi kemanapun mereka pergi. Jenis orang berprofil tinggi ini seringkali menjadi penampil dipanggung dan penghibur karena senang menjadi sorotan public, meraka bahagia hidup didunia yang sibuk sehingga kadang memaksakan diri melebihi kapasitas mental dan fisik dan kehabisan energi.
Kecenderungan masalah :  kecelakaan luka baker dan benda tajam, gangguan system peredaran darah, sakit punggung dan masalah tulang punggung, demam dan flu, kelelahan mental dan fisik.
Hal-hal yang perlu dihindari : beban mental dan fisik yang terlalu berat saking antusiasnya melakukan sesuatu, makanan yang berlemak dan gurih, alkhohol dan obet-obetan perangsang lainnya, suasana hati yang tiba-tiba dan dramatis, terlalu terburu-buru atau gerakan yang sembrono, menunda-nunda hal sampai detik terakhir, kegelisahan dan berat badan.
Hal-hal yang dianjurkan : kedamaian , ketenangan dan keseimbangan seperti meditasi, pernafasan, olah raga yang teratur sebagai penyalur energi yang berlimpah, mempertahankan ritme kerja baik dikantor maupun di rumah.
Zat gizi : Kalium adalah mineral yang pas bagi golongan Api yang aktif dan dinamis ini, karena bekerja langsung pada aktivitas otot, membantu otot agar selalu bugar dan memajukan efisiensi fungsi otot. Selain itu kalium sebagai nutrisi saraf pada golongan Api ini yang banyak menggunakan energi mentalnya. Jadi orang-orang golongan Apilah yang paling dapat memanfatkan mineral kalium ini terutama ketika menghadapi masalah yang menuntut banyak menggunakan energi mental dan fisik.
Salah satu bentuk kekurangan kalium dalam darah berupa gejala kekurangan gairah, kelemahan otot pada umumnya, kulit yang kering dan kasar, bersisik dan kurang elastisitasnta, kuku yang rapuh, nyeri sendi dan anggota badan, pikiran yang kusust, depresi dan palpitasi (gerakan jantung tidak teratur). Yang termasuk garam kalsium diantaranya kalium klorida, kalium fosfat dan kalium sulfat. Tambahan lain seperti kalium aspartat dan kalium glukonat.
Sumber gizi : ikan dan rumput laut, klep atau lumut laut kaya akan kalium, buah dan sayuran seperti pisang, raisin/anggur kering, kurma, alpukat, wortel, kol dan bayam semuanya mengandung konsentrasi mineral yang tinggi, the peppermint, tumbuhan hops, bawang, bawang bakung/prei, rosemary, sage, dandelion dan borage adalah tanaman yang berhubungan erat dengan golongan Api.

Tangan Elemen Air
Bentuk : Tampilan tangan ini khas hingga jarang keliru karenanya, panjang, kadang ramping dan tampak indah. Telapak tangan yang persegi panjang dengan jari-jari panjang meruncing adalah cirri khas tangan Api. Telapak tangan Air dipenuhi dengan banyak garis halus sehingga menggambarkan sarang laba-laba dengan pola sidik jari yang khas berbentuk seperti bulatan simpul.
Sifat dan karakter : Dari keempat golongan tangan, tangan Air  merupakan pribadi yang peka dan lembut, cenderung puitis dan romantis dan berbakat dalam musik serta seni.
Mereka berbudaya tinggi  dan lemah lembut, mempunyai citra rasa tinggi tapi cenderung tidak duniawai, hidup diangan-angan. Bentuk tangan yang indah mencerminkan tubuh yang anggun dan banyak dari mereka yang hidup didunia mode dan kecantikan, dunia seni dan musik. Mereka juga bertemperamental tinggi dan mudah terkena stress dan ketegangan dari cara hidup dunia modern tapi akan mudah beradaptasi dan berperan baik pada lingkungan damai dan harmonis karena tekanan dan situasi persaingan akan merusak orang tipe Air.
Kecenderungan masalah : Sistem pencernaan yang peka, depresi, neurosis, tingkah laku obsesif dan kondisi psikologi serupa lainnya, kulit peka, reaksi-reaksi alergi, rematik, lemahnya system daya tahan tubuh, komplikasi pada system reproduksi, sumber dan daya tahan fisik yang rendah, ketagihan atau adiksi.
Hal-hal yang perlu dihindarai : Stres karena persaingan, perubahan suasana hati terutama depresi, melankoli atau murung, emosi yang ditekan, ketakutan yang tidak masuk akal atau terlalu dibayangkan, pelarian melalui alkhohol atau obat-obatan, pikiran, perasaan atau sikap yang negative.
Hal-hal yang dianjurkan : Mengungkap perasaan, kedamaian atau keseimbangan dalam lingkungan hidupnya, pengembangan bakat yang meningkatkan kepercayaan diri, pendekatan masalah secara rasional, olah raga yang halus, serta tidak berlebihan dalam segala sesuatunya.
Zat gizi : Berhubungan dengan Air, maka Natrium adalah mineral yang cocok dengan golongan ini karena bertanggung jawab dalam pengaturan keseimbangan cairan jaringan dan membantu mempertahankan keseimbangan cairan dalam tubuh. Terlalu sedikit kadar garam di dalam tubuh sama bahaya dengan kebanyakan garam, akan mengakibatkan kekejangan otot. Sementara kelebihan darah akan menjadikan peredaran darah terganggu karena memekatkan darah,  hipertensi dan menyebabkan irama jantung tidak teratur.
Pada zaman modern, Natrum Klorida dalam bentuk garam meja sudah terlalu banyak konsentrasinya dalam makanan modern terutama yang sudah diproses dan fast food, hingga masa kini pengurangan garam lebih dianjurkan daripada penambahan garam. Natrium keluar dari tubuh secara alamiah lewat cairan tubuh, seperti air mata, keringat dan jika keluar secara berlebihan akan menyebabkan dehidrasi, yaitu suatu keadaan yang berbahaya yang dapat mengakibatkan berbagai komplikasi yang berat. Pada cuaca panas ketika banyak keringat keluar maka dibutuhkan penyeimbangan kembali kadar jumlah garam natrium dalam tubuh.
Disamping sebagai penyeimbang cairan, Natrium juga membantu produksi asam hidroklorik yang penting dalam prose pencernaan dan karenanya sangan membantu golongan Air yang sering mengalami gangguang lambung dan usus. Karena sifat yang menetralkan ini , juga dapat mencegah munculnya gangguan rematik, berperan mengaktifkan kelenjar dan pengaturan fungsi syaraf, sakit kepala, mual, mata yang berair, kondisi alergi seperti alergi debu atau serbuk tanaman yang gejala-gejala tersebut banyak diakibatkan karea terganggunya keseimbangan natrium.
Tanaman yang banyak berhungan erat dengan golongan Air adalah jeruk limau, wortel, cengkir terutama yang berada di daerah pantai, rumput laut, geranium, keju, zaitun hijau.

Tidak ada komentar: