Rabu, 07 Mei 2014

Pengamatan Gigi dan Gusi

Gusi dihubungkan dengan meridian yangming, sehingga pengamatan terhadap gusi sangat bermanfaat untuk memahami perubahan patologis yang mungkin terjadi pada lambung
Gigi tumbuh dari tonjolan tulang dan dikuasai oleh Shen-Ginjal, sedangkan meridian Wei-Lambung melalui gusi. Karena itu gigi dan gusi berhubungan dengan Shen-Ginjal dan Wei-Lambung. Dalam pengamatan gigi yang perlu diperhatikan adalah:

1.    Gigi kering umumnya disebabkan patogen Panas dalam Wei-Lambung sehingga Jin Ye (cairan tubuh) menjadi kering. Gigi kering bagaikan tulang yang sudah kering perlu dicurigai Jing (materi dasar) dari Ginjal sudah habis.
2.    Gigi goyah dan mudah lepas umumnya dikarenakan lemahnya Ginjal atau karena Api yang bersifat Xi naik ke atas.
3.    Menggesekan gigi pada waktu tidur menandakan kemungkinan terdapat penyakit cacing atau patogen Panas pada Wei-Lambung.
4.    Gusi berwarna pucat umumnya dikarenakan kekurangan darah.
5.    Gusi merah bengkak dan sakit umumnya disebabkan patogen Api dari Wei-Lambung membara ke atas. Bila disertai pendarahan maka penyebab patogen Api dari Wei-Lambung melukai pembuluh darah.
6.    Gusi tidak merah tapi bengkak dan berdarah umumnya disebabkan Api bersifat Xi melukai pembuluh darah, selain itu disebabkan  kekurangan Chi.

Tidak ada komentar: