Rabu, 07 Mei 2014

Pengamatan Telinga

Pengamatan  Telinga

Telinga merupakan muara ginjal dan tempat dimana semua meridian berkumpul selain itu Merupakan penghubung dengan dunia luar meridian Sao Yang tangan dan Sao Yang kaki menyebar ke dalam telinga. Sedangkan meridian Tay Yang tangan dan kaki, meridian Yang Ming tangan juga melintasi depan dan belakang telinga. Hasil yang dicapai dengan penusukan telinga membuktikan, telinga selain berhubungan erat dengan meridian tertentu, juga berhubungan erat dengan organ Zang Fu, tulang belulang, pembuluh darah yang berada di seluruh tubuh, maka pengamatan telinga mendapat perhatian dari kalangan kedokteran Tiongkok. Ada beberapa hal yang perlu diamati dari telinga:
yaitu warna, bentuk dan bagian dalam

1.    Kelembaban, pada orang yang sehat, telinga umumnya agak tebal dan mempunyai kelembaban normal, apabila telinga terlalu tipis dan kecil atau kering sekali, keadaan ini menunjukan Yin dari Ginjal (Shen) tidak cukup.

2.    Telinga pucat dijumpai pada Sindrom Angin Dingin dapat juga dijumpai pada Sindrom Dingin Dalam. Telinga pucat dan tipis merupakan pertanda gagalnya Shen-Ginjal dan sering dijumpai pada penyakit yang gawat.

3.    Telinga berwarna hitam, jika hitamnya kehijau-hijauan sering dijumpai pada orang sakit dengan gejala nyeri sekali. Tetapi pada daun telinga hitam, kering dan tipis merupakan tanda Yin dari dari Shen-ginjal sudah sangat kurang.

4.    Jika ada pembuluh darah yang menonjol dan agak merah di belakang telinga dengan suhu yang lebih dingin dari bagian lain menandakan kemungkinan timbulnya penyakit campak.

5.    Jika telinga mengeluarkan cairan getah atau berupa nanah pada umumnya disebabkan patogen Lembab dan Panas yang menyerang meridian Kan-Hati dan Tan-Empedu.

6.    Ketebalan daun telinga menandakan kondisi Jing dari pasien, jika ketebalan cukup dan berwarna agak kuning kemerahan dan cerah bercahaya maka keadaan demikian itu menandakan bahwa orang tersebut dalam keadaan sehat.
Jika telinga tipis dan kering mengindikasikan bahwa  jing ginjal mengalami defisien


Tidak ada komentar: