Rabu, 07 Mei 2014

Pengamatan Hidung

Ada beberapa hal yang bisa diamati dari hidung ini, karena dari sanalah keluar kelembaban yang berasal dari dalam paru-paru. Pengamatan ini akan memberi masukan sekitar kemungkinan serangan patogen yang masuk, diantaranya :     

1.    Hidung mengeluarkan ingus encer berwarna putih umumnya disebabkan terserang patogen Angin Dingin yang datang dari luar tubuh.
2.    Hidung yang mengeluarkan ingus kental umumnya menandakan tubuh terserang patogen Panas dari luar.
3.    Hidung mengeluarkan ingus kental berbau tidak sedap dalam jangka waktu lama merupakan pertanda penyakit Pi Yen atau Sinusitis (radang rongga samping hidung).
4.    Cuping hidung kembang kempis umumnya menandakan patogen Panas berkumpul di dalam Paru-paru (Fei). Pada penderita gawat gejala cuping hidung kembang-kempis dan disertai sesak napas merupakan pertanda dari gagalnya  Jing Chi dari Fei-Paru-paru dan Shen-Ginjal.
5.    Ujung hidung berwarna merah atau berbintik merah merupakan pertanda penyakit yang dinamakan rosacea yang umumnya disebabkan oleh patogen Panas dari Fei-Paru-paru dan Wei-Lambung.
6.    Jembatan hidung membusuk atau cekung ke dalam merupakan tanda kerusakan yang disebabkan oleh penyakit lepra atau siphilis.

Tidak ada komentar: