Senin, 09 Maret 2015

Huang Di Neijing Part.51

Part 51 Huang Di Neijing

Lingshu

Buku Tentang Keberanian Bag. 5

Kasar Kuning : “ Tolong jelaskan sifat penakut dan penyebabnya?”

Shaoyu : “ Penakut matanya besar tapi tidak cerah,dan gerakan matanya tidak fleksibel. Darah dan qi nya tidak harmonis, ototnya kendor dan hinggga tak kelihatan, tulang dada pendek dan kecil.
Hatinya lemah, tanpa empedu yang cukup dan ususnya tipis serta lurus kurang berkelok. 

Qi hati dibawah tulang rusuknya tidak cukup berlimpah, dan qi amarahnya takkan memenuhi dada walaupun ia mengmuk, sekalipun qi hati dan qi parunya dirangsang naik tak akan tahan lama dan akan segera turun dan menyebar. Maka amukan mereka tak akan berlangsung lama. Dan itulah penyebab sifat penakut.

Kaisar Kuning : Setelah seorang penakut minum alkohol mereka bisa menjadi berani dan senekad pemberani, fungsi apakah yang menyebabkan mereka menjadi seperti itu?

Shaoyu : Seperti inti gandunm dan air lewat fermentasi, alkohol itu kuat dan keras sifatnya. Kalau sampai di perut organnya akan kembung dan membuat qi mengalir keatas sehingga memenuhi dada, sementara itu qi hati dan qi kantung empedunya akan terangsang naik.
Kalau mabuk orang penakut akan bisa seberani dan senekat  pemberani dalam ucapan maupun perbuatannya, tapi mereka akan menyesali perbuatannya setelah [ulih dari pengaruh alkohol.
Kondisi keberanian dan kenekadan yang tidak normal seperti amukan orang mabuk hanya efek dari alkohol.

AH2N
The Yellow Emperor Medicine Classic p.167-169

Tidak ada komentar: