Jumat, 27 Maret 2015

INFERTILITAS PADA PRIA DAN WANITA



RESUME @GROUP BELAJAR TCM3  07:24, Mar 26, 2015

 
Kasus infertilitas semakin banyak terjadi pada pasangan yang telah  berkeluarga.
Yang dimaksud dengan infertilitas bagi laki-laki adalah sepasang suami istri yang telah menikah lebih dari 1 tahun, tidak pernah melakukan keluarga berencana, tidak ada penyebab kelainan dari pihak wanita tetapi belum dikaruniai anak.

Dalam 10% pasangan suami istri yang tidak dapat mempunyai anak, penyebab dari laki-laki mencapai paling sedikit 30% - 48%. Menurut pengobatan modern 

penyebabnya adalah sebagai berikut :

INFERTILITAS PADA PRIA
 
Penyebab yang mengakibatkan infertilitas laki-laki :

 1.               Penghambatan pembentukan sperma
a.       Pertumbuhan testis tidak sempurna
b.       Penyakit pada testis. misalnya tuberculose, tumor, parotitis yang menakibatkan radang pada testis.
c.       Penyakit chronis tidak seimbangnya fungsi kelenjar endokrin. Misalnya fungsi kelenjar Pituitery menurun, fungsi kelenjar thyroid menurun dll.
d.       Penyebab lingkungan. Misalnya sering terkena sinar radiasi, bekerja dalam ruangan yang suhunya tinggi, mempunyai kebiasaan tidak baik seperti merokok, pemabuk minuman keras atau sering minum obat yang dapat mengganggu pertumbuhan sperma.
Jumlah sperma < 20 juta/cc, sperma yang > 20% - 25% atau berkelainan mencapai > 30%, keadaan ini sangat mempengaruhi terjadinya pembuahan.

2.              Penyaluran sperma:
Testis dalam keadaan normal, tetapi karena beberapa hal menyebabkan tersumbatnya saluran menyebabkan Infertilitas.

a.       Kelainan dan infeksi pada epedidymis, saluran sperma (vasa deferens), vasa defferens  menyebabkan  saluran  ureter  tertutup  mengganggu   keluarnya   sperma.
b.       Penyemprotan sperma yang terbalik, cairan sperma melalui ureter masuk ke kandung kemih tidak masuk kedalam tuba uteri wanita.
c.       Penis terlalu kecil atau uretra mengakibatkan sukar untuk melakukan  hubungan sex.
d.       Tegang, takut, gelisah atau kebiasaan yang tidak/kurang baik akan mengganggu fungsi sexual dan mengakibatkan infertilitas. 


 
Fungsi sexual terganggu adalah diantara usia 20 – 50 tahun dan terdapat gejala :

1.       Kelainan pada napsu (gairah) : tidak bergairah.
2.       Kelainan pada ereksi: terjadi pada impotensi.
3.       Kelainan pada pengeluaran air mani.

Umumnya gejala tersebut diatas terjadi karena kebiasaan cara hidup sexual yang tidak normal, misalnya onani, melakukan sex yang berlebihan, pikiran takut, tegang atau kurang percaya diri akan menimbulkan tidak seimbangnya kelenjar endokrin,  obat-obatan juga dapat menghambat fungsi sexual yang akan mengakibatkan infertilitas.                

Infeksi sistem saluran kencing, kelainan endokrin, perkembangan kelenjar hormon terganggu, saluran sperma tersumbat, kelainan fungsi sexual dlL





INFERTILITAS PADA WANITA
INFERTILITAS PADA WANITA ADALAH  SEORANG WANITA YANG MENIKAH  DI MANA PASANGAN LAKI-LAKINYA SEHAT TANPA GANGGUAN SEKSUAL, DAN SI WANITA TIDAK MEMILIKI CACAT PADA ORGAN REPRODUKSINYA SETELAH SECARA TERATUR MENJALANI AKTIFITAS SEKSUAL TANPA ALAT PELINDUNG NAMUN IA TIDAK MENUNJUKKAN TANDA-TANDA KEHAMILAN
Jenis infertilitas

INFERTILITAS PRIMER

       Ketidakmampuan untuk hamil setelah tiga tahun atau lebih kehidupan seksual yang normal tanpa alat kontrasepsi

INFERTILITAS SEKUNDER

       Ketidakmampuan hamil selama lebih dari tiga tahun setelah melahirkan atau keguguran tanpa langkah-langkah kontrasepsi

PENYEBAB DAN PATOGENESIS

INFERTILITAS DAPAT TIMBUL OLEH BERBAGAI FAKTOR
  1. KELAINAN BAWAAN.
Qi ginjal secara bawaan lemah dan kekurangan atau saripati darah telah habis dimakan selama sakit yang berkepanjangan atau karena sebab lain dan hasilnya adalah kekurangan pada meridian meridian dan organ terkait  

  1. EMOSIONAL STRES.
Akumulasi emosi seperti depresi atau stres merupakan faktor yang sangat penting sebagai penyebab infertilitas pada wanita. Semua bentuk/jenis stres akan menyebabkan stagnasi Qi.

  1. USIA.
Makin lanjut usia maka saripati atau esens ginjal akan semakin berkurang. Demikian pula dengan Mingmen akan mengalami penurunan sehingga timbul patogen dingin dalam rahim.

  1. NUTRISI.
Gizi seimbang layak dikonsumsi sehari-hari sebagai bagian dari pola makan yang baik. Makanan gorengan maupun “greasy” serta makanan asal hewani yang berlebihan akan menjadikan tumpukan lembab dan lendir yang kemudian akan menyumbat sirkulasi tubuh.

  1. OVERWORK.
Bekerja terus menerus tanpa istirahat sepanjang tahun tanpa cuti atau rekreasi. Orang yang berkerja over berlebihan seperti ini umumnya juga disertai stres.  Terlalu lelah akan melemahkan fungsi ginjal.

  1. ASAM BASA TUBUH.  
menurut penelitian prof farida MEMAPARKAN KETIKA MENjadi pasien dr jiM  (beliau adalah SEORANG peneliti di bagian penyakit menular di depkes). 

dengan naiknya tingkat keasaman di air ludah akan menurunkan tingkat fertilitas laki dan perempuan. 
perhatikan di wei atau lambung karena banyak sekalI fertilitas dari tingkat keasaman dari rahim dan ada hubungannya dengan naiknya tingkat keasaman lambung. diluar kelemahan pada organ ginjal terutama ginjal kanan/ mingmen untuk reproduksi. 

Kalau laki laki akan memperlambat laJu sperma dan PADA perempuan AKAN memperlambat kematangan sel telur. DAN  DIKarenaKAN  kecepatan sperma akan mempengaruhi ketahanan sperma di DALAM rahim,  dan kematangan telur di rahim akan mengurangi proses kesuburan Karena asam mengurai dan basa membentuk. 

dalam ilmu pengobatan basa dan asam, kalau tingkat asam dalam tubuh sangat tinggi akan menyebabkan infertility lebih tinggi. Dan satu lagi hal yang perlu kita pahami jing sejati yang bersemayam di ginjal itu adalah basa. SEBAGAI Contoh bila ada wanita karir itu susah punya anak dengan pola kerja  terlalu aktif dia akan bersifat ekses asam dan kadar materi / basa akan berkurang oleh sebab itu dia akan menjadi infertility

  1. KELAINAN POSISI TULANG TERUTAMA KELAINAN PADA TULANG PANGUL DAN TULANG PUNGGUNG 
  2. PATOGEN LUAR ( RUBELLA, TOXO, CNV )
  3. AUTO IMUN TERLALU TINGGI   PAda juga kasus wanita yANg MEMpunyaI daya imun YANG TERLALU tinggi  menyebabkan sperma YANG MASUK  di bunuh juga. Karena dianggap benda asing YANG MASUK KEDALAM TUBUH

SINDROM INFERTILITAS PADA WANITA MENURUT TCM

       SINDROM DEFISIENSI YIN GINJAL
       SINDROM DEFISIENSI YANG GINJAL
       SINDROM STAGNASI QI HATI
       SINDROM DEFISIENSI QI LIMPA/SINDROM REAK LEMBAB
       SINDROM STAGNASI XUE

BERSAMBUNG....
 
rESUME bY AH2N
@PURWAKARTA ISTIMEWA


Tidak ada komentar: